Aplikasi Export To Feeder

 

Tentang Feeder PDDIKTI
Sejak tahun akademik 2014/2015 Genap lalu, DIKTI telah mewajibkan seluruh perguruan tinggi untuk mengupdate data akademik nya pada PDDIKTI melalui aplikasi baru yang disebut Feeder.Feeder adalah sistem informasi PDDIKTI (Pangkalan Data DIKTI) yang dibangun untuk menggantikan EPSBED, dengan sistem yang lebih modern, cepat dengan tingkat keamanan yang tinggi. Sistem dibangun dengan konsep Relational-Referential-Integrity sehingga akan menolak data yang terlacak tidak valid, antara data
mahasiswa-jadwal kuliah-mata kuliah yang disajikan-nilai, Tidak seperti EPSBED yang tidak memiliki fasilitas ini karenakan ESPBED dibangun dengan teknologi yang sangat lama (1990an) dan sudah tidak berlaku untuk masa sekarang.

Masalah Baru Bagi Perguruan Tinggi
Dengan sistem baru ini, operator pada perguruan tinggi mengalami masalah baru karena mereka harus memasukkan data akademik lewat aplikasi berbasis web Feeder yang telah disediakan oleh DIKTI.Dengan konsep dengan tingkat keamanan yang cukup tinggi, memasukkan data pada Feeder tidak sebebas EPSBED yang bisa dilakukan dengan copy and paste.Dalam Feeder memerlukan input data satu persatu seiring dengan workflow aplikasi yang telah disediakan untuk menghilangkan kesalahan data saat pemasukan data.

Beberapa kelompok data penting pada Feeder yang harus dimasukkan setiap semester adalah : Mahasiswa Baru, MataKuliah
yang disajikan tiap semester, Jadwal Kuliah tiap semester, Rencana Studi Mahasiswa setiap semester, dan Nilai Mahasiswa setiap semester, serta Index Prestasi setiap semester. Ini akan menjadi masalah bagi para operator perguruan tinggi yang bertanggung jawab memasukkan data. Karena akan menjadi puluhan ribu data yang harus dimasukkan setiap semesternya.

Puluhan Ribu Record Data setiap Semester
Bayangkan saja, jika dalam satu semester terdapat 2.000 mahasiswa aktif kuliah,
setiap mahasiswa rata rata mengikuti 10 mata kuliah, dan pada semester tersebut terdapat 100 jadwal kelas, maka operator harus memasukkan data paling tidak:

10 x 2.000 = 20.000 data rencana studi, 10 x 2.000 = 20.000 data nilai, 2.000 data index prestasi. Jadi, operator sedikitnya harus memasukkan data 42.000 record setiap semesternya. Belum lagi update data mahasiswa baru, mahasiswa lulus, skripsi dan lainnya.


Solusi Bagi Perguruan Tinggi

 

Kami telah membuat aplikasi yang dapat mentransfer data dari SIAKAD ke Feeder. Ini akan sangat meringankan beban para operator karena memasukkan puluhan ribu data akan bisa diselesaikan hanya dalam hitungan detik. Data yang sudah terdapat pada Database Local akan mudah dikirimkan ke PDDIKTI tanpa harus memasukkan data ulang

 

Fitur-fitur


1. Export data Mahasiswa

 

2. Export Data Mata Kuliah

 

3. Export Jadwal Kuliah

 

4. Export Peserta Kuliah Mahasiswa (Rencana Studi)


5. Export Nilai

 

6. Import data dari Feeder

 

Spesifikasi


Aplikasi Export to Feeder adalah aplikasi desktop berbasis Java, sehingga mudah dimplementasikan di berbagai platform seperti Mac, Linux dan Windows. Dapat diinstal di komputer dengan spesifikasi rendah dan secara network terkoneksi dengan
server data Siakad maupun Feeder.

 

Yang telah memakai Program Kami antara lain

UNIM Mojokerto
UNIDA Sawojajar-Malang
ABM Malang
STIE Urip Sumoharjo Surabaya
UNIRA Kepanjen
FAI Unisma Malang
STT MIGAS Balikapapn
ABA Balikpapan
STIE Mandala Jember
Universitas Panca Marga Probolinggo
STAI Alkhoziny Sidoarjo

 

Bagaimana dengan anda ??? tertarik ???

Hubungi Kami segera

 

 

 

 

 
 
Sitemap Print Version Kontak kami prev top
 
 
 
 
 

GreenConCept Creative, IT Creator and Surveyor

Pilihan Bahasa